6 Gambaran Menghasilkan Dollar Dari Internet

Banyak yang menanyakan kepadaku "Bagaimana cara mencari uang online?", "Bisnis online susah tidak?", "Katanya cuma perlu 2-3 jam kerja perhari ya?" Ini saya ada sedikit cerita tentang bisnis online. Aku belum menjadi orang sukses di dunia internet. Sudah banyak teori yang kubaca, namun belum maksimal pada penerapannya, karena keterbatasan banyak hal, salah satunya waktu. Paling tidak sekarang dalam perjuangan keras juga menuju sukses.
Saya menulis artikel ini untuk gambaran saja kepada orang-orang yang ingin memulai atau memutuskan nge-blog sebagai usaha  Sebelum mereka terjebak kedalam mimpi-mimpi indah yang sangat banyak bertebaran di internet yang mengaku "Internet Marketing".
jadi jika anda ada pandangan lain, feed back nya more than welcome.


Apakah Bisnis Online Mudah?

Bisnis Online Dollar Jawabannya: TIDAK MUDAH. Maaf belum apa-apa aku sudah mengecewakan kalian dengan mengatakan yang tidak kalian harapkan. Aku bukan mau mematahkan semangat kalian, cuma berkata yang sebenarnya saja. Banyak sekali iklan di internet yang mengatakan menghasilkan Dollar di internet itu gampang, mencari uang online itu mudah dan cepat, ribuan Dollar dalam beberapa minggu. Bahkan ada yang menampilkan pendapatannya dalam USD yang dalam seminggu mencapai ribuan Dollar.
  Free Image Hosting at www.ImageShack.us    Free Image Hosting at www.ImageShack.us
Itukah payment proof? Percayalah, aku juga bisa membuat payment proof seperti itu. Bahkan dalam jutaan dollar. Cukup dengan memakai excel, word, photoshop atau frontpage, semua bisa diedit, jadi jangan percaya kalo cuma screenshot, semuanya editable di dunia komputer.
Mendapatkan bayaran dalam ribuan atau puluhan ribu Dollar atau lebih adalah suatu yang sangat mungkin di internet. Bahkan karena itulah sekarang bisnis online menjadi trend. Membuat website dalam 5 menit adalah mudah, tapi mitos membangun bisnis online MUDAH dan CEPAT adalah bullshit alias omong kosong.
Apalagi ada yang meng-claim dengan membeli ebook yang berisi trik bisnis online, dalam seminggu bisa menghasilkan ribuah dollar. Kalau begitu kaya dong semua orang. Terus siapa yang bayar? Yang bayar apa tidak bangkrut?
Kenapa saya katakan tidak mudah dan tidak bisa dalam waktu singkat? Ok simak terus ya… Wink

Bagaimana Saya Menghasilkan Dollar Lewat Bisnis Online?

Satu yang pasti harus ada "Sesuatu" yang bisa di Jual. "Sesuatu" itu bisa berupa berupa produk nyata atau ilmu.
Ilmu bisa berupa ilmu nyata atau hobby.
Produk contohnya: membuat software, Menulis E-book, dll. (kita tidak membahas tentang yang ini di sini.)
Ilmu contohnya: menulis artikel tentang Internet Marketing/Marketing Online/SEO, dll.
Hobby misalnya: menulis tentang automotif, olahraga atau binatang piaraan, dll.
Sekarang anda tahu, apa yang kira-kira mau anda jual. Langkah selanjutnya tentu saja membuat artikel yang menarik untuk menarik pengunjung.

Apakah Bisa dilakukan Sebagai Kerjaan Part Time?

Part time working onlineAda lagi iklan yang mengatakan kerja part time cukup 2-3 jam sehari menghasilkan puluhan ribu Dollar di internet, sekali lagi bullshit.
Faktanya adalah setelah mereka kerja part time secara serius dalam waktu yang cukup lama dan melihat penghasilan dari internet menjanjikan, lalu quit dari kerjaan mereka dan serius menekuni bisnis di internet.
Coba bayangkan anda kerja mulai jam 9-6 sore, pulang rumah, makan malam mungkin sudah jam 8 malam. Berapa jam anda luangkan untuk kerja part time ini perhari? berapa artikel yang mampu anda tulis dalam sehari sebagai part timer? Belum lagi jika masalah faktor X lain atau technical issue lainnya, dan oh ya aku udah sebutkan faktor malas belum ya? Smile
Ingat jika anda menjual artikel, anda harus menyediakan artikel yang bermutu atau paling tidak content yang menarik untuk di baca. Untuk menulis satu artikel yang bagus tidak semudah yang dibayangkan, butuh waktu, butuh riset. kecuali waktu SD hobbynya mengarang. Tapi mengarang di SD tidak perlu memperhatikan SEO, mengarang artikel di blog harus memperhatikan SEO, keyword, title, description. dll. Jadi jauh lebih repot.
Tidak stop di situ. Webblog anda juga harus selalu diupdate karena kalau tidak di update akan jadi basi. Orang kalo sudah berkunjung dan tidak melihat ada sesuatu yang baru tidak akan pernah kembali lagi. Google juga demikian. Jika website tidak up to date sudah pasti akan jauh dari halaman pertama dalam pencarian. Masa terus mengharapkan one time visitor? Mana mampu mengenerate puluhan ribu page view kalau keadaanya kayak gini. Yang kita butuhkan adalah visitor baru dan loyal visitor. Page view semakin tinggi, Dollar yang di hasilkan akan semakin tinggi.
Jadi intinya kita harus menyediakan waktu khusus jika ingin serius menekuni bisnis online ini. Aku tidak mengatakan harus berhenti dari kerjaan yang sekarang. Mungkin bisa memulainya dari perkerjaan part time. Tapi ini butuh waktu dan usaha, butuh ketekunan dan kesabaran, konsisten dalam menulis, dan keteguhan hati.

Content adalah Raja, tapi Visitor adalah Mahkotanya!

Ok sekarang anda sudah menulis banyak sekali. Anda menulis artikel tentang bagaimana begini bagaimana begitu, cara meningkatan ini cara meningkatkan itu….., tips ini triks itu…….. Sudah habis waktu berbulan-bulan, rasanya artikelnya sudah bagus dan sangat berguna, tapi kenapa sepi pengunjung ya? Gimana mau mendapatkan ribuan Dollar kalo begini?
Kemudian anda berkenalan dengan yang namanya SEO, page view, link back, page rank, Alexa, dll. Sekarang selain tetap harus menulis dan mempertahankan artikel bermutu anda punya tugas lain yaitu SEO. Semakin banyak di baca artikel tentang SEO (Search Engine Optimization), semakin banyak yang dipelajari, semakin banyak waktu lagi yang dicurahkan untuk membuat artikel yang SEO friendly, semakin banyak waktu dan usaha meningkatkan rating di search engine. Semakin di baca lagi anda jadi semakin mengerti betapa rumitnya SEO, namun anda mau tidak mau harus tetap melakukannya demi usaha menarik visitor sebanyak-banyaknya dan meningkatkan page view setinggi mungkin pada webblog anda.
Bagi anda yang sudah mengenal SEO mungkin tau bahwa SEO adalah bagian terpenting dalam internet marketing. Hanya dengan SEO yang dioptimalkan website kita akan ramai di kunjungi pembaca. Tanpa SEO yang handal, walaupun content anda bagus, puluhan ribu klik perhari hanya sebatas angan-angan, ribuan Dollar hanya sebatas mimpi.

Dari Mana Datangnya Uang Puluhan Ribu Dollar itu?

Money trafficTentu saja dari visitor yang banyak. Kitakan sudah melakukan segala usaha, segala energi telah dicurahkan. Kalo page view sudah tinggi, visitor sudah banyak, pendapatan juga akan besar. Pokoknya page view adalah paling penting.
Anda bisa memasang Google Adsense. Ini yang paling di gemari sekarang dan yang membayar paling tinggi. Jika iklan Adsense kita di klik pengunjung, google akan membayar kita. Pendapatan dari Google Adsense ini fantastis tak terbatas. Dengan nama besar Google, bisnis ini menjadi bonafit dan tidak takut tidak akan dibayar, selama bermain fair. Biasanya asumsi pendapatan ribuan Dollar adalah pendapatan dari Google Adsense ini. Tapi sayang Google Adsense menolak Webblog dalam Bahasa Indonesia. Satu tantangan lagi, huh..!!
Bisa juga affiliate program. Jadi jika ada user yang melakukan transaksi bisnis atas recomend kita. Perusahaan online penyedia jasa/barang akan membayar komisi kita.
Bisa juga mendapatkan penghasilan dari customer yang memasang iklan pada website kita.

Kunci Sukses Online?

Kunci Sukses Bisnis OnlineTidak ada bisnis atau usaha apapun datang dalam sekejap. Sudah tidak jamannya lagi ke dukun melipat gandakan uang atau model network marketing/arisan online-nya Anne Ahira yang mengaku Internet Marketing, yang menjual mimpi selangit, kaya dalam sekejap (capeeee deh…!)
INGAT: Internet Marketing adalah ilmu, bukan menjadi anggota, membeli e-book atau mencari referrals.
Yang harus di mengerti adalah, usaha ini tidak serta merta membawa kesuksesan. Semuanya butuh usaha. Yang diperlukan adalah kesabaran, ketekunan dan keteguhan hati.

Kunci paling penting diantara yang terpenting untuk sukses di dunia internet adalah:
1. ACTION.
2. ACTION.
3. ACTION lagi.
Terlalu banyak teori yang dibaca tanpa ACTION adalah percuma saja. Terlalu banyak pertimbangan juga buang-buang waktu saja. Tulis saja apa adanya dan biarkan semuanya berjalan. Seiring waktu akan banyak pengalaman yang akan di timba. Jadi mulailah menulis sekarang juga. 2 atau 3 tahun kemudian siapa tau kamu sudah menjadi jutawan Smile
Ini ada kisah orang-orang muda yang sukses di dunia internet, rata-rata masih di bawah 30 tahun, silakan dibaca kalo sempat untuk motivasi: Young Entrepreneurs Making Money Online.
Lho… kok masih bengong… tunggu apa lagi, MULAI MENULIS SEKARANG JUGA!!!

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. artikel yang luar biasa kang, terima kasih banyak info dan pengalamannya

    ReplyDelete