Sukses Berjualan Online

Beritacyber – Dunia maya saat ini merupakan lokasi yang paling potensial untuk melakukan kegiatan jual beli. Dahulu mungkin hal yang aneh untuk melakukan kegiatan jual beli di dunia maya, namun saat ini menjadi hal yang biasa dan lumrah.
Beriring dengan waktu persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk profesional maupun pemula.
Salah satu situs belanja online terbesar di Jepang Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips darinya yang dikutip dari Business Daily, Senin (4/6/2012).

1. Sediakan yang terbaik

Berjualan di dunia maya itu seperti berbelanja minuman lewat mesin alias vending machine tapi berukuran super besar. Anda lihat, Anda bayar, Anda terima barang. Pihak penjual selalu berharap barang diterima konsumen tanpa cacat, dijual di harga terbaik sesuai spesifikasi. Supaya semuanya terpenuhi dengan baik ini sangatlah krusial.
Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.
Omotenashi disebut oleh orang Jepang untuk layanan seperti ini, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.

2. Biarkan pembeli punya kenyamanan berbelanja sendiri

Penjual yang baik adalah yang bisa menyediakan barang dagangannya di berbagai media. Pembeli jaman sekarang tidak bisa ‘dipaksa’ hanya melalui iklan. Mereka terhubung dengan baik ke berbagai sumber di dunia maya, mulai dari blog, review, tweet dan bahkan Facebook.
Kecepatan juga menjadi kunci dalam berjualan online. Respon penjual harus cepat tanggap dalam menyediakan barang yang diinginkan pembeli. Jika sedikit lambat saja, si pembeli biasanya sudah menemukan barang yang diinginkan di tempat lain.

3. Ceritalah kepada pelanggan

Internet adalah media yang sangat tepat untuk bercerita. Dengan memberikan kisah serta latar belakang toko, si penjual biasanya bisa menarik hati pelanggan lebih dalam dari hanya ketimbang memberikan diskon atau bonus.
Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.
Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.

4. Dekati teman Anda, tapi lebih dekati lagi musuh Anda

Jual-beli online semakin hari semakin marak. Inovasi-inovasi baru diciptakan banyak orang untuk menjaring pelanggan. Jangan tinggal diam, perhatikan juga apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda.
Amati perkembangan mereka dan cari langkah untuk bisa mengungguli mereka. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan pelanggan, melakukan promosi, sampai jenis barang yang dijual di situsnya.
Anda juga bisa memonitor perkembangan kompetitor melalui blog, Twitter hingga Facebook tadi. Jangan hanya fokus kepada ‘musuh’ saja, Anda juga harus pantau perkembangan pelanggan dengan lebih baik lagi.

sumber

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment